Kesempok™ - Informasi Pendidikan Terbaru Lengkap

Contoh Resensi Novel Bunga Cantik di Balik Salju

Kesempok - Contoh resensi novel yang sengaja saya hadirkan untuk anda dalam sebuah tayangan yang mendebarkan dan mempesona sungguh di luar dugaan karena contoh resensi novel juga termasuk dalam kategori pelajaran atau pendidikan yang pas sekali dengan tema Kesempok.

Contoh resensi novel untuk pendidikan di sekolah

Bagi saya sebuah tugas dari guru untuk muridnya sangatlah penting karena dengan menjelajahi isi informasi edukasi yang ada maka kita akan lebih paham dan mengerti arti dari sebuah tugas apalagi sebuah resensi novel.

Memang berbeda dengan contoh recount text yang sebelumnya yang ada dalam pendidikan bahasa inggris. Kali ini untuk pendidikan atau pelajaran bahasa indonesia dengan bahasan yang tidak asing lagi, contoh resensi novel yang bagus akan saya tuliskan lengkap untuk anda di bawah ini.
Contoh resensi novel Bunga Cantik di Balik Salju yang sangat membantu dalam pelajaran bahasa indonesia dan tugas materi pembelajaran yang lengkap
from: gapuramitrasejati.com reupload by: kesempok.blogspot.com

Contoh resensi novel terbaru update

Judul : Bunga Cantik di Balik Salju
Penulis : Titik Andarwati
Penerbit : Diva Press
Dimensi : 14 cm x 20 cm
Tebal : 458 halaman

  1. Sinopsis novel
    Di usia yang masih sangat muda, 19 tahun, Lana telah memutuskan untuk mengasuh Denniz, anak dari sahabatnya yang meninggal sewaktu melahirkan. Ayah si bayi sendiri, Brian, tidak mau mengakui anaknya. Pertentangan dari keluarga Lana jelas terjadi walau akhirnya mereka menerima Denniz dan membantu merawatnya.

    Hidup yang berat bagi Lana. Di usianya yang ke-25, dia memutuskan untuk tinggal sendiri bersama Denniz dan membiayai sendiri hidupnya dengan bekerja sebagai staf pengajar pada sebuah lembaga pendidikan asing.

    Memiliki Denniz selama 6 tahun membuat Lana kebal saat orang-orang menatapnya dengan kagum, iba, sinis, ataupun jijik saat Denniz memanggilnya “mama”. Semua itu tidak mengubah apa pun, dia tetap mencintai Denniz dan menganggap keputusannya untuk mempertahankan Denniz adalah keputusan terhebatnya.

    Cintanya kepada Denniz menjadikan dirinya mengabaikan kebutuhan dirinya sendiri, termasuk kebutuhan akan seorang laki-laki yang seharusnya mulai ia pikirkan untuk mendampingi hidupnya kelak.

    Hingga suatu hari, hadirlah sosok Dhimas, laki-laki keren dan pujaan banyak wanita memasuki kehidupan Lana. Dhimas yang hanya mengetahui bahwa Lana adalah seorang Ibu dengan satu anak menerima Lana apa adanya, seburuk apapun masa lalu Lana tanpa ia tau keadaan yang sebenarnya.

    Namun tidak semudah itu untuk Lana menerima Dhimas sebagai pendamping hidupnya, serta menjadi pabrik figur seorang Ayah untuk Denniz. Butuh pertimbangan yang tidak sedikit untuk hal itu, hingga ia memutuskan untuk menerima Dhimas sebagai Suaminya.

    Akhirnya, Lana menerima Dhimas, dan mereka segera menikah. Hingga suatu ketika Dhimas mempertemukan Lana dengan keluarga besar Dhimas, terbukalah rahasia besar bahwa sebenarnya Lana belum pernah melahirkan seorang anak dan membuat Dhimas sangat terkejut.

    Lana dan Dhimas akhirnya resmi menikah.
  2. Unsur Intrinstik Novel
    1. Tema
      • Seorang wanita yang kuat dan tegar, memiliki hati yang baik untuk merawat seorang bayi sahabatnya ketika ia sendiri masih sangat muda.
      • Perjuangan hidup seorang wanita yang mandiri.
      • Wanita yang mengagumkan, rela dicap 'tidak benar' oleh tetangga-tetangganya demi merawat Denniz.
    2. Tokoh
      • Tokoh Utama : Maulana Andara Restu
      • Tokoh Kedua : Denniz
      • Tokoh Ketiga : Dhimas Mahesa
      • Tokoh Pembantu : Megan, Fany, Dhyas, Yudha, Rindra, Pak Sinclair, Ruben, Yudha, Brian
      • Tokoh Piguran : Pak Rudi, Bu Rina, Hendra, Diki, Anggra, H. Bakrie, Emi
    3. Penokohan :
      • Maulana Anadara Restu : Sosok perempuan yang kuat dan tegar, keinginannya untuk mandiri sejak muda, dan sangat menyayangi Emi sahabatnya yang telah meninggal, juga sangat menyayangi anak angkatnya yaitu Denniz.
      • Denniz : Anak kecil yang lucu, pintar, cuek dan manja.
      • Dhimas Mahesa : Sosok laki-laki tampan, cuek dan mapan. Ia sangat menyayangi Denniz dan Lana.
      • Penokohan lainnya.
    4. Alur
      Alur maju mundur, dimana novel menceritakan keadaan Lana saat itu kemudian harus kembali kepada masa lalu untuk menjelaskan alasan mengapa Lana akhirnya membesarkan Denniz sebagai seorang Ibu. Dan akhirnya kembali maju dengan menceritakan Lana dan Dhimas akhirnya menikah.
    5. Sudut Pandang
      Sudut pandang orang pertama
    6. Amanat :
      • Tidak ada anak yang dilahirkan dengan keadaan haram. Perbuatan orang tuannya lah yang haram.
      • Karena aku mencintai kamu. Perempuan akan lebih bisa bertahan kalau dia dicintai daripada harus mencintai. Dan aku mencintai kamu.
      • Dandelion adalah bunga liar yang kuat. Bahkan, saat tumbuhan lainnya mati, dandelion tetap hidup. Menahun. Dandelion bisa hidup di mana saja asalkan ada sinar matahari. Di sela-sela batu, di dekat rel kereta api, ataupun di retakan-retakan trotoar pun ia bisa hidup. Dan, aku pun ingin seperti itu. Hidup seperti dandelion.
      • Jadilah diri sendiri dan selalu bersyukur tentang apa yang sudah Tuhan berikan.
  3. Keunggulan dan kelemahan novel
    1. Keunggulan Novel
      • Novel ini mengajarkan kita akan apa arti tegar, kuat, mandiri dan cantik sebenarnya
      • Sebuah bacaan menarik yang sangat inspiratif
      • Kata-katanya mudah dipahami
      • Pewatakan tokoh mudah dipahami dan digambarkan secara jelas
      • Alur cerita mudah dipahami meski alur maju mundur, dan alur tersebutlah yang membuat kita menjadi semakin penasaran.
    2. Kelemahan Novel
      • Halaman novel cukup tebal.
      • Ada beberapa sesi cerita yang cukup panjang dan sedikit membosankan karena intinya sama saja.
  4. Kesimpulan
    Novel ini pantas dibaca untuk siapa saja, terutama untuk wanita. Sesuai konsep nya yang inspirasional, novel ini memberikan kita banyak inspirasi, pesan dan kesan yang dapat mengalir hingga ke lubuk hati dan pikiran. Sebuah novel yang mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang sederhana.

Karena banyak sekali novel yang tersebar, maka alangkah baiknya anda untuk memilih novel tapi jangan terlalu terkenal karena akan lebih sering dipakai oleh siswa dalam tugas contoh resensi novel ini. Dengan contoh resensi novel ini diharapkan anda bisa mengerjakan dengan tepat waktu dan mendapat hasil yang memuaskan.
Advertisement
ADSENSE
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 Kesempok™ - Dami Tripel Template Level 1 by ardi33. All rights reserved.
Authorized by Yusuf Ardi