Kesempok™ - Informasi Pendidikan Terbaru Lengkap

Perbedaan Pantun Syair dan Gurindam

Kesempok - Perbedaan pantun syair dan gurindam akan kita peroleh lagipula ketida hal ini memang berbeda jalur dalam seni bahasa indonesia. Karena pendidikan indonesia juga memahami pelajaran syair, pantun, dan juga gurindam maka kita harus mengetahui pengertian syair, pengertian pantun, dan juga pengertian gurindam selain mengetahui perbedaan pantun syair dan gurindam.

Perbedaan pantun syair dan gurindam untuk kebersamaan materi

Dengan informasi yang lengkap dan benar berbagai perbedaan pantun syair dan gurindam akan anda temukan secara berimbang tanpa ada informasi yang dihilangkan satu pun. Kalau anda juga mencoba mencari contoh-contoh pantun cinta atau pantun nasehat untuk pendidikan juga, bisa anda tunggu update selanjutnya mengenai materi pantun selain membaca perbedaan pantun syair dan gurindam ini atau juga tentang contoh syair, contoh pantun, dan contoh gurindam. Tapi simak dahulu berikut ini tentang perbedaan pantun syair dan gurindam.

Perbedaan pantun syair dan gurindam lengkap pembahasan dan pengertian mendalam pendidikan bahasa indonesia beserta contohnya lengkap
from: solopos.com reupload by: kesempok.blogspot.com

Perbedaan pantun syair dan gurindam yang terbaru dan lengkap

Persamaan : Sama-sama dua baris dalam satu bait

Perbedaan :
  • Karmina :
    baris pertama merupakan sampiran dan baris kedua merupakan isi. contoh :
    dahulu karang sekarang besi, dahulu sayang sekarang benci.
  • Distikon :
    lebih mementingkan isi di samping irama, tidak terikat (bebas). contoh :
    berkali kita tinggal,ulangi lagi dan cari akal.
  • Gurindam :
    baris pertama merupakan sebab atau persoalan sedangkan baris kedua merupakan akibat atau penyelesaian. contoh : kurang pikir kurang siasat,tentu dirimu akan sesat.

PANTUN DAN SYAIR

PERSAMAAN
  • Pantun dan syair biasanya terdiri dari 4 baris.
  • Sama-sama terikat oleh irama sajak.
  • Tiap baris pantun dan syair terdiri dari 8-10 suku kata.
  • Pantun dan syair adalah puisi lama.

PERBEDAAN
  • Pantun baris pertama dan kedua disebut sampiran( pembayang ) dan baris ketiga dan keempat disebut isi ( maksud sampiran ), sedangkan syair keempat baris adalah arti/maksud si pengarang.
  • Pantun terdiri sampiran dan isi, sedangkan syair tidak terdapat sampiran dan isi.
  • Pantun berirama a-b-a-b/ a-a-a-a, sedangkan syair berirama a-a-a-a.
  • Pantun bahasanya boleh campur-campur, sedangkan syair bahasanya harus sama.
  • Persamaan dan Perbedaan antara Pantun dan Soneta.
Persamaan :
oktaf (8 baris pertama) pada soneta melukiskan alam sama halnya sampiran pada pantun, dan sektet (6 baris terakhir) merupakan kesimpulan dari oktaf, sama halnya dengan isi pada pantun. Peralihan dari oktaf ke sektet dalam soneta disebut volta.

Perbedaan :
terletak dari rumus sajak akhir, soneta rumus persajakan akhirnya masing-masing abba-abba-cdc-dcd sedangkan pantun ab-ab, dan tentu saja jumlah baris pada soneta 14 baris, terdiri dari 4 bait yakni dua buah kuatrain yang disebut oktaf dan dua buah terzina yang disebut sektet, sedangkan pantun hanya 4 baris. Pantun mewakili kesusastraan puisi lama sedangkam soneta mewakili kesusastramn puisi baru

  1. Gurindam
    Gurindam adalah satu bentuk puisi Melayu lama yang terdiri dari dua baris kalimat dengan irama akhir yang sama, yang merupakan satu kesatuan yang utuh. Baris pertama berisikan semacam soal, masalah atau perjanjian dan baris kedua berisikan jawabannya atau akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama tadi.

    contoh :

    Pabila banyak mencela orang

    Itulah tanda dirinya kurang

    Dengan ibu hendaknya hormat

    Supaya badan dapat selamat
  2. Karmina
    Karmina atau dikenal dengan nama pantun kilat adalah pantun yang terdiri dari dua baris. Baris pertama merupakan sampiran dan baris kedua adalah isi. Memiliki pola sajak lurus (a-a). Biasanya digunakan untuk menyampaikan sindiran ataupun ungkapan secara langsung.

    Contoh :

    Sudah gaharu cendana pula Sudah tahu masih bertanya pula

    Kayu cendana diatas batu
    Sudah diikat dibawa pulang
    Adat dunia memang begitu
    Benda yang buruk memang terbuang
Di atas sudah dijelaskan secara lengkap perbedaan pantun syair dan gurindam tanpa satu pun yang dilewatkan maka dari itu perbanyaklah catatan anda tentang pendidikan bahasa indonesia selain hanya menggambar sesuka hati di buku tulis anda. Siapa tahu perbedaan pantun syair dan gurindam ini akan keluar saat ujian akhir nanti.
Advertisement
ADSENSE
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 Kesempok™ - Dami Tripel Template Level 1 by ardi33. All rights reserved.
Authorized by Yusuf Ardi